Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

TeFa Berjalan Mulus, SV IPB Panen 4.000 Ayam

10 Juni 2021 15:01:00Kategori : Berita   Setditjen Diksi
TeFa Berjalan Mulus, SV IPB Panen 4.000 Ayam
TeFa Berjalan Mulus, SV IPB Panen 4.000 Ayam

Sukabumi, Ditjen Diksi – Melalui teaching factory (tefa), Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (SV-IPB) berhasil menuai panen 40.000 ayam peternakan kandang ayam modern atau yang dikenal dengan istilah modern closed house di Sukabumi, Jawa Barat (9/6).

”Terima kasih kepada IPB yang bukan asal sekadar program yang dihubung-hubungkan yang penting ada program. Akan tetapi, IPB membuktikannya, impact bagaimana teaching factory ini bisa bermanfaat bagi lulusan vokasi,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek, Wikan Sakarinto.

Wikan menegaskan, dengan pengimplementasian tefa yang tepat sasaran akan menjadi jawaban untuk lulusan vokasi agar lebih kompeten, serta membawa pengaruh baik yang mengimbas ke masyarakat sekitar. Misalnya dengan pembekalan sesuai bidang keahlian ditambah dengan implementasi tefa, maka ini bukan hanya menghasilkan tenaga kerja industri yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA), melainkan dapat pula menghasilkan wirausaha sehingga bisa mengurangi angka pengangguran.

Keberhasilan IPB dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar melalui sistem pengimbasan tersebut tentunya menjadi kabar gembira. Karenanya, Wikan berharap hal itu bisa dikomunikasikan kepada masyarakat melalui publikasi agar dapat menjadi praktik baik yang bisa dijadikan permodelan dan motivasi bagi sekolah vokasi ataupun perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi lainnya.

Sementara itu Rektor IPB, Arif Satria mengatakan, IPB harus banyak memberikan contoh untuk indutri 4.0. “Yang kita lakukan sekarang adalah IPB harus bisa memberikan percepatan transformasi implementasi 4.0,” tuturnya.

Selain melakukan modern closed house pada peternakan ayam yang kini sudah membuahkan hasil yang manis, Arif juga menjelaskan bahwa ada sekitar 17 hektare di Sukamakmur yang juga akan dimodernisasi untuk menjadi kawasan pertanian modern.

Bermitra dengan berbagai industri terkait, tambah Arif, IPB berupaya untuk terus berkomitmen dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat serta menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten agar mudah terserap di DUDIKA maupun menjadi wirausaha. “Insya Allah tema IPB ini adalah bagaimana kita harus benar-benar memberikan energi kepada masyarakat dengan mindset-mindset baru,” pungkasnya. (Diksi/Tan/AP)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.