Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Seminar Transformasi Digital Wujudkan LKP Berbasis Digital

05 Juni 2021 06:16:00Kategori : Berita   Setditjen Diksi
Seminar Transformasi Digital Wujudkan LKP Berbasis Digital

Jakarta, Ditjen Diksi, -- Dalam upaya meningkatkan mutu dan pemasaran produk hasil lembaga kursus dan pelatihan (LKP) di pasar global, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan menggelar seminar nasional transformasi digital bertajuk “Memasarkan Produk LKP secara Strategis di Pasar Digital” (5/6).

“LKP harus memiliki digital literasi, bahkan lebih dulu dari industrinya, karena nantinya lulusan LKP ini yang akan memasuki DUDIKA. Maka, melek digital dalam LKP itu suatu keharusan,” ujar Wikan Sakarinto, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi.

Wikan juga menambahkan bahwa LKP perlu beradaptasi dengan teknologi dan perkembangan, serta adanya perubahan. Terlebih, dengan adanya revolusi industri 4.0 yang mengarusutamakan dunia digital dan teknologi informasi, maka segala bidang tentunya memerlukan adaptasi dan transformasi digital agar dapat bersaing secara global.

“Ini mudah diucapkan, dipikirkan, tapi somehow tidak mudah untuk dilakukan. Industri saat ini yang akan menerima lulusan LKP akan terus berubah, seiring melajunya perkembangan teknologi,” tutur Wikan.

Karenanya, seminar nasional transformasi digital tersebut akan dilakukan secara berkala sebagai wujud komitmen dari Ditjen Pendidikan Vokasi melalui LKP untuk dapat saling bersinergi dan melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul. “Kami akan mengadakan seminar berkelanjutan untuk menambah wawasan dan jejaring dengan industri. Seminar ini rencananya minimal lima kali, hari ini mengusung tema bagaimana memasarkan produk LKP,” jelas Wartanto, Direktur Kursus dan Pelatihan.

Menurut Wartanto, ada tiga urgensi yang melatarbelakangi diselenggarakannya seminar tersebut, yaitu mengenai kerja sama dengan direktorat lain terkait dengan “link and match” antara LKP dengan industri, upaya LKP agar dapat berkembang dan berbasis informasi teknologi serta digitalisasi, juga mengenai kepekaan dan komitmen LKP untuk mendukung kompetensi dari peserta didik LKP melahirkan SDM yang berdaya saing global.

Antusiasme yang luar biasa dari para praktisi dan pejuang LKP dalam mengikuti rangkaian kegiatan seminar tersebut juga menjadi dorongan bagi Direktorat Kursus dan Pelatihan untuk konsisten dalam menyelenggarakan adanya kegiatan ini. Pasalnya, LKP berbasis industri dapat memberikan sebuah peluang kesuksesan. Selain itu, diselenggarakannya seminar ini diharapkan juga dapat membantu masyarakat untuk menambah wawasan dan berwirausaha sesuai dengan bidangnya.

Seminar yang dilakukan secara daring ini juga ditayangkan melalui kanal Youtube Direktorat Kursus dan Pelatihan yang dapat ditonton ulang oleh masyarakat untuk menambah wawasan. (Diksi/Tan/AP)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.